Ridho Fadillah

Portfolio


“doy, entar kapan kapan kalo mamah ke Surabaya, mamah samperin kamu ke kampus, biar ketauan ngapain aja kamu kalo di kampus”
“lah, emang mama tau kampus ku ?”
“Tau, itu kan yang di belakang rumah sakit dr. soetomo ? daerah karangmenjangan”
“he ?? bukaaaaaaan sotau !”
“lah terus, kamu keterima di univeritas airlangga kan ?”
“………..”

Itu baru mamah gua yang bilang, belum temen temen gua yang gagal paham sebener nya di universitas mana gua melanjutkan pendidikan. Universitas airlangga atau yang lebih familiar di bilang UNAIR, adalah tempat gua melanjutkan jenjang pendidikan gua setelah lulus SMK kemarin. Muskipun di daerah asli gua, kampus ini bener2 asing di telinga, wajar aja karna daerah gua lebih deket ke bandung dan bogor nama nama kayak unpad, ipb, itb, ui dll jadi lebih familiar. Tapi kalo gua liat2, kampus ini sebener nya keren abis, malah menurut gua ni kampus adalah universitas negri ter cadas di Surabaya. (muskipun gua sendiri baru tau kemarin)

Setelah melalui banyak rintangan dan halangan, singkat cerita gua bisa masuk unair, satu satu nya dari SMK gua. Iya karna temen temen gua pada lebih milih kerja. Karna latar belkang gua adalah siswa jurusan multimedia waktu di smk kemarin gua pun mencoba peruntungan dngan mengambil jurusan system informasi di unair. Gua ikut bimbel dengan pelajaran pelajaran anak ipa karna ternyata jurusan system informasi itu masuk di kategori ipa (gua gak pernah tau tentang ini ). Gua coba, belajar belajar belajar sampe sebulan lebih hamper mendekati waktu tes, gak ada satu pun pelajaran yang nyatol di kepala gua. (gimana mo nyantol di smk isi nya tauran doang)

Tapi tuhan berkata lain, tuhan masi mengijinkan gua buat kuliah di unair tapi, tapi..  gua gak di terima di system inforamsi. Gua keterima di sebuah jurusan yang bernama otomasi system instrumentasi (nama jurusan nya emang itu, dan gua berani taruhan kalo dari seluruh kampus di dunia, jurusan itu Cuma ada di unair, gk percaya ? google skrg). Gua agak kecewa, tapi karna tujuan awal gua adalah buat kuliah gua gak keberatan di jurusan apa aja, toh nama almamater gua tetep unair entar pas lulus.

Skip time yang agak panjang, sekarang gua udah memasuki semester ke 5. Di sela sela tugas yang menumpuk, laporan pkl, pengajuan judul tugas akhir, gua jadi sering ngelamun dan merhatiin sekeliling gua. Jurusan gua bertempat di kampus c unair yang baru berdiri di taun 2000an gua lupa. Sedangkan fakultas gua adalah fakultas vokasi (d3) yang bertempat di kampus b (yang mamah gua bilang di atas) jadi kadang kita bolak balik kampus b – c buat ngurus administrasi kemhasiswaan kita. Nah di situ pun gua sadari banyak banget perbedaan di kampus segede unair ini, padahal masi sama unair nya.

Kampus A.




Gua jarang ke sini, hampir gak pernah malah.. tapi pernah beberapa kali gua kesana dan sekilas seperti layak nya kampus kedokteran di seluruh Indonesia, cewek nya cakep cakep banget bos. Sering keluar keluar pake jas lab gitu putih putih duh manis banget asli. Yang cowok nya juga, selain keren2 gak ada tuh yang tampang nya kek gua atau yang tampang nya kek gak niat kuliah, ya kali yak uda keterima di kedokteran masi males kuliah, bias di coret dari daftar keluarga. Overall anak anak di kampus keliatan banget pinter2 nya karna sebagian dari mereka juga banyak yang keterima lewat jalur beasiswa, pokok nya beda kasta banget sama gua yang di kampus c.

Tapi meskipun kebnyakan anak anak kampus a berasal dari keluarga yang punya, gua jarang liat si mereka pecicilan keluar keluar nongkrong gitu, emang di tuntut buat serius kuliah kali yak dan banyak juga larang larangan dari fakultas yang bikin mereka gak bisa ini itu (katanya  sih). Dari segi bangunan, fakultas kedokteran sendiri punya bangunan paling ‘kelas’ menurut gua dari seluruh bangunan di unair, selain gedung utamanya yang punya kesan klasik ala ala belanda gitu (emang peninggalan belanda sih) kelas, nuansa, taman taman nya juga bikin nambha kesan old time gitu tapi tetep modern. Tapi yang paling terkenal dari kampus a si tidak lain adalah cerita horror nya, cerita horror di kampus a udah me legend banget malah kata gua udah lebih terkenal dari nama unair itu sendiri, serem banget bos di kampus ini gak boong (kata temen gua yang indigo juga gitu).

Kampus B.




Kampus B ini kampus yang masyarakat Surabaya lebih dulu tau, iya karna emang awal nya unair itu di kampus b sama a yang letak nyadeketan. Kampus b ini tempat nya fakultas fakultas dari jurusan ips kayak, fakultas ilmu budaya (fib), ilmu social dan politik (fisip), hukum (fh) ekonomi dan bisnis (feb), sama psikologi. Sama ada satu jurusan ipa yang nyangkut di kampus b yaitu fakultas farmasi, Cuma rencana nya sih mau di pindahin ke kampus c soalnya gedung fakultas nya uda mulai di bangun di sebrang fst di kampus c. karna lahanya yang emang gak segede kampus a sama c, terus jumlah mahasiswa nya juga yang makin kesini makin tumpah tumpah, makanya rata gedung disini tinggi2 parkiranya juga ampek bertingkat2, fakultas gua juga ada di kampus b sebenernya, fakultas vokasi namanya.. Cuma karna emang baru berdiri kemaren terus bangunanya juga Cuma satu gedung kecil pula, jadilah gua di ungsikan ke tempat awal jurusan gua bereawal, yaitu di kampus c.

Kehidupan di kampus b adalah kehidupan mahasiswa mahasiswa yang sering di gambarin di tv tv, atau di meme, atau di cerita cerita di internet dah. Karna di sini isinya kebanyakan anak anak dari ips, jadilah kehidupan di kampus b secara kasat mata keliatan lebih santai, nongkrong nongkrong, rapat rapat biasa, maen mane ringan kalo gak ada dosen, pokok nya nyantailah kayak di pantai. Di kampus b juga beberapa fakultas nya nerapin kuliah malem, jadi sampek malem kampus ini tetep rame. Bahkan kadang gua juga kuliah malem di kampus b, nama dosenya cak Di, nama mata kuliah nya ‘cangkruk berkualitas’. Di sekitar kampus b ini banyak angkringan sma caffe caffe yang buka sampe subuh, gua sama temen temen juga rajin kesitu kalo besok nya gka ada kelas.

Karna jurusa jurusan nya yang hits hits dan butuh biaya yang gak sedikit buat masuk nya, mahasiswa disinipun bias di liat dari cara gaul nya yang beda dan lebih ber kelas disbanding kampus kampus lainya. Disini jarang banget lu ngeliat cewe cewe nya make tas ransel atau jinjing-jinjing laptop kemana mana, mereka rata rata keluar dari mobil, wajah full make up, rambut habis nyalon dibiarkan tergurai, setelan modis kekinian, dan bawa tas yang di jinjing di lengan. Setelah itu menyempatkan mengaca dulu sebelum meningglakan mobilnya, berjalan menjauh, lalu ngaktifin tombol alarm otomatis sambil gak nengok kebelakang “beep beep!”.

Kampus C.




Kampus C. tempat di mana gua gak seharus nya ber ada hehe. Kampus C yang terletak di jalan mulyorejo Surabaya ini terbilang muda karna berdiri setelah kampus A sam B didirikan. Muskipun gitu, di kampus C langsung dibangun sebuah landmark yang akhir nya menjadi ciri khas unair yaitu danau buatan berbentuk belah ketupat yang dibelah oleh jembatan yang lurus sejajar dengan gedung rektorat universitas airlangga dan bersebelahan dengan RS Universitas Airlangga yang berdiri megah. Ada beberapa fakultas yang meliputi jurusan jurusan ipa di sini antara lain, Fakultas Sains dan Teknologi (fst), keperawatan (FKP), kesehatan masyarakat (FKM), kedokteran hewan (FKH), perikanan dan kelautan (FPK), sama fakultas farmasi yang under construction. Di sini juga ada asrama mahasiswa putra putri, student centre rumah nya ukm ukm di unair, sama yang paling badass sih Airlangga convention centre yang kelas ya udah bias buat nampung event2 taraf international. Terakhir gua masuk situ waktu gua ospek… smoga segera gua bakal masuk lagi kesitu pas waktu wisuda an.

Kalo di bandingin sih, emang kampus c ini punya lahan yang paling luas di banding kampus A sama B. di tambah jarak antar fakultas nya yang kelewat jauh jadi bakal jarang banget lu liat ada mahasiswa mondar mandir disini. Itu juga yang bikin mahasiswa disini kesanya lebih inividualis, berangkat, kuliah, terus pulang, semuanya di lakukan di dalem fakultas. Paling paling lu liat mahasiswa pada mondar mandir di sini waktu sholat jum’at itu juga karna ada masjid baru yang kemaren baru selese di bangun, beda banget karna beberapa kali gua main ke kampus b, gua di ajak temen gua yang anak fisip masuk ke feb, makan di kantin fib, terus numpang pipis di fh. Dan gua lebih seneng kek gitu sih, makanya gua bilang kampus c ini tempat dimana gua gak seharus nnya berada.

Gua yang notabane anak stm juga baru tau sebeda itu ternyata anak jurusan ipa sama ips. Disini, di fakultas gua tepat nya, gua sering merhatiin anak anak yang dari awal sampe sekarang gua mau lulus, kemana mana Cuma bareng orang yang itu itu aja. Bahkan beberapa diantara mereka merupakan temen temen kelas gua sendiri. Emang relaif dan gak semua sih, tapi gua bias menyimpulkan gitu ya karna mayoritas nya gitu. Beberapa anak gua liat jarang banget dateng ke kampus, kadang baru dating terus nge denger dosenya gak ada, dia me maki–maki bentar terus balik lagi. Sempet gua tanyain kemana aja kok jarang ke kampus ? beberapa emang puya urusan yang jelas, beberapa lagi bilang pengen ngabisin nonton anime di kos nya ?? what the ??. bahkan di fakultas gua ini lebih mirip madrasah aliyah ketimbang kampus, gua gak terlalu masalah sih karna cewek cewek gitu yang malah bawa hawa postif, tapi mata ini brooo, mata iniii butuh asupan vitamin a yang cukup, sedangkan di sini di fakultas gua lebih mirip pasir yang ke tiup angin. iya men bikin perih mata :’

Makanya kadang gua lebih seneng nongkrong di student centre, soalnya di sana bnyak anak anak kampus a sama b yang lebih asik di ajak ngobrol dan diliat, muskipun itu juga waktu masa masa awal gua kuliah, sekarang gua lebih sering diskusi internal bareng temen temen sambil kadang ngopi di kampus b sampe subuh buat nge bahas tugas akhir. Kadang juga gua ngabisin waktu buat main dota kalo lagi buntu sama dunia nyata haha. Intinya tiap orang punya masa, dan masa gua disini udah mau abis dan udah telat rasanya kalo masih ngurusin hal hal di atas, biarkan lah begitu ada nya atau pun berubah itu terserah.. karna semua itu cepat dan semoga gak terlembat hanya akan menjadi kenangan.

Ndang mari, ndang lulus, ndang rabi..

Gitu kalo kata temen gua.
gua juga bingung apa yang salah sama gua akahir akhir ini.

tepat nya pas gua masuk semester 4 kuliah. gua balik ke surabaya dan menjalani rutinitas buat kuliah kayak semester semester sebelum nya. gak banyak hal berubah, cuma satu hal yang gua sadari sering terjadi akhir akhir ini adalah, gua susah banget buat tidur.

gua bukan lah tipe tipe cowo rumahan yang harus tidur di kasur empuk, minum susu sebelum tidur nya. atau gak bisa tidur kalo lagi jauh dari rumah. nope. bahkan semenjak smp gua udah gak tidur di kasur gua sendiri. gua pesantren tiga tahun dan semenjak itu gua uda sering pergi jauh sampe berminggu minggu bahkan ber bulan bulan, dan gak pernah pun gua mengalami masalah sama yang namanya tidur.

kalo ngantuk ya tidur, udah. dan biasa nya gua gak menemukan masalah dengan itu. gua sering camping atau naik gunung dan menemukan temen temen gua gak bisa tidur karna gak enak. persetan ah, gua ngantuk dan gua pun tidur.

gua bener bener merasa gak ada yang salah sama tidur gua, I'm totally normal.

cuma kadang kalanya ada beberapa moment saat gua uda bener bener ngantuk dan butuh tidur, di saat itu juga gua gak bisa tidur. apa pun yang udah gua lakukan hasil nya bakal nihil.

di antaranya pas gua lagi naik kreta ekonomi. dengan kreta ekonomi yang menempuh jarak jakarta surabaya seenggak nya lu bakal menghabiskan 14 jam lebih perjalanan di dalam kereta. kalo lu rame rame atau bareng temen si gak bakal kerasa. makanya gua jarang duduk dan lebih milih nongkrong di sambungan kereta sambil ngobrol sama bapak bapak atau kalo ada ya temen seumuran.

cuma kadang lu capek dan milih duduk dan bingung mau ngapain. lu pun ngantuk. di saat ini lah gua bener bener gak bisa tidur. uda gua meremin ampe merem banget juga (meremin ampe merem banget ?? hadeeh) gak ada hasilanya. kalo menurut gua sendiri sih, itu ada hubunganya sama kursi penumpang nya yang simetris atau lurus banget bos ! 

belum lagi atmosphere kereta ekonomi yang super duper absurd, ada yang bawa anak yang kerjaanya dari berangkat sampe akhir cuma teriak teriak, ada juga yang ngangis gak berenti berenti. ada juga yang bawa ayam. sumpah bawa ayam. entahlah. tapi itu semua lain cerita nya kalo yang duduk di sebelah gua adalah cewe cakep yang asik di ajak ngobrol. jujur aja itu adalah do'a pertama gua setelah beli tiket, dan makin gua terusin do'a nya pas uda mo masuk kereta.

yang lainya ada lah kalo lagi sholat jum'at. sengantuk apa pun gua gua gak pernah bisa tidur. yang ini gua akui ada hubunganya sama masa pesantren gua yang kalo tidur waktu khotbah jum'at, kita bakal di selepet (apa ya bahasa enaknya) pokok nya semacam di gibas gitu make sejadah terus namanya di catet. habis sholat jum'at, ynag tadi tidur di suruh jalan jongkok keliling pesantren. gua pun terpakasa selalu ngolesin minyak kayu putih di bawah mata sebelum jum'atan.

yang terakhir, gua selalu gak bisa tidur kalo lagi banyak masalah. 

itu juga mungkin alasan yang bikin gua akhir akhir ini susah banget buat tidur.

gua inget banget sebelum ini, tepat nya waktu gua SMA. gua juga punya masalah tidur persis kayak yang gua alami sekarang. kadang gua udah geletak di kasur dari jam 9, lampu udah gua matiin, musik musik penenang jiwa udah gua nyalain, gua juga udah siapin domba buat gua itung sebagai senjata terakhir. 

tapi tetep aja gua baru bisa tidur setelah azan subuh.

masalah gua waktu SMA dulu adalah se orang cewe yang merupakan cewe yang berpengaruh banget dan cuma satu satunya cewe yang gua bahas di blog gua ini. masalah yang gua alami mungkin buat beberapa orang sepele, tapi engga buat gua yang baru ngerasain pertama kali nya. buat pertama kali nya gua merasa bego banget di muka bumi ini. istilah alay nya sih gua merasa berada pada titik terendah dalam hidup lah.

gua pun akhir nya pergi buat kuliah di surabaya untuk memulai semuanya dari awal. dan tentunya gua kembali bisa tidur normal.

saat pertama kali tau bakal kuliah di surabaya, gua dua punya niatan bakal kuliah sambil nyambi kerja biar gak terlalu ngebebanin orang tua. pokok nya setelah di surabaya gua harus dapetin kerjaan.

well tuhan punya rencana lain. ternyata gua di titipin di rumah om gua yang di surabaya. di sana gua dapet makan tidur dan di pinjemin motor. semua orang mikir itu adalah kemudahan yang cuma orang goblok yang menolak nya. dan orang goblok itu adalah gua.

gua memberanikan diri baut ngomong kalo gua mau bebas dan nge kos sendiri sama bude sama omo gua di sana. ngomong doang si gampang, cuma ngumpulin keberanian dan sadar atas resiko yang bisa terjadi setelah gua memutus kan keluar itu yang nge buat gua baru keluar setelah semester 2 beres, atau tepat nya setahun gua tinggal di sana. banyak banget masalah yang terjadi bahkan gua sempat pernah didiemin sama orang rumah beberap waktu setelah gua memtuskan buat nge kos. tapi alhamdulillah banget sekarang semuanya udah enakan.

nge kos bebas banget dan itu membuat gua gila. saking bebas nya gua pun kena dampak nya yaitu pengeluaran yang gak terkontrol. saat saat kritis pun gua lalui dan itu bener bener berat. berat banget. gua pun teringat kembali tujuan gua buat ngeringanin beban oran tua gua buat nyari kerja. kerja apapun.

sempet bebrapa kali ngirim artikel online sambil terus nyari kerjaan yang bener. gua dapet info ada lowongan buat mahasiswa kerja di jawa pos, tepat nya di detEksi.

gua ngelamar jadi reporter waktu itu, sebener nya di buka lowongan lain juga kaya design grafis sama photograper. gua ngirim cv, ngelengkapin syarat, ikut wawancara, ikut tes, sampe kena di orientasi juga. dan gua pun masuk jadi bagian dari kru detEksi. gua mereasa ini adalah langkah terkeren yang pernah gua lakukan dalam hidup gua karna beberapa bulan sebelum nya gua pernah ke kantor jawa pos sama temen gua buat ngirim proposal media partner lalu gua bilang sama temen gua "gua bakal kerja disini"

and well detEksi adalah wadah yang bener bener super keren buat gua. punya kantor di graha pena Surabaya bikin gua keliatan kaya orang penting tiap dateng kesana. kru yang rata rata juga masih mahasiwa dan punya kegilaan yang bener bener di luar nalar bikin gua betah banget kerja disitu, belum lagi gaji yang lumayan buat kantong mahasiswa boke kaya gua bisa nongkrong di tempat tempat berkelas, gua pun berpikir gua bakal kerja terus disitu sampe gua lulus kuliah. 

mom.. dad... don't worry about me, I'm doing something right.

3 bulang kemudian.

"do kamu dimana ? kalo kenapa kenapa bilang !" hp gua matiin dan gua terus menikmati hamaparan pasir dan angin laut di depan gua, tapi dalam suasana hati yang bener bener gaenak. karna lu tau lu bakal menyesal tapi lu tetap melakukan hal yang gak lebih penting dari yang lu tinggalkan itu.

gua keluar dari detEksi hanya setelah 3 bulan kerja. bener bener waktu singkat dengan dampak yang bener bener luar biasa membuat gua berantakan dan gak punya tujuan unutk melakukan apa apa. banyak hal yang terjadi dan gua memutuskan keluar dengan alasan yang sangat manusiawi, gua capek. gua menyerah.

goblok emang.

sumpah.

bahkan sambil nulis ini gua pun masih kepikiran

mungkin cerita singkat gua di detEksi bakal gua tulis lagi.

setelah keluar dari detEksi dengan tatapan penuh ke nanaran. gua melanjutkan kuliah dengan enggak enggak an. di tambah fakta bahwa gua gak ngeliat pengumuman recqruitmen anggota BEM fakultas dan univ yang tiba tiba udah di tutup saat gua lagi galau galau nya keluar dari detEksi bikin masa masa kuliah gua yang singkat ini makin redup. padahal gua punya harapan besar bisa jadi anggota BEM.

sekarang, ini lah gua.. cuma bisa menulis sesuatu di blog. tulisan gak guna. gak bikin gua kenyang. cuma lumayan bikin senang.

beberapa rencana yang gua lakuin pun satu per satu pupus di tengah jalan. 

setiap malam gua selalu berpikir apa yang harus gua lakukan besok.

biar gua bisa tetep hidup. 

dan melakukan sesuatu yang dapat mengubaha nasip gua.

menajdi lebih baik.

gua terus mikirin apa hal itu.

night by night.. tiap malem.

sampe akir nya udah azan subuh lagi.

capek kadang.

kadang gua cuma pengen tidur.

tapi gak bisa.

ada sesuatu yang belom beres.

gua harus menemukan solusi atas ini.

bukan solusi agar gua bisa tidur.

tapi solusi aga masalah gua selesai dan gak ada yang perlu di khawatirkan atas hari esok.

sampe hari itu tiba mungkin tidur gua belum akan tenang.

makanya gua kadang suka iri sama orang yang bisa tidur dimana aja.

gua ngantuk woy
menyebalkan.

gua punya banyak mimpi.

banyak banget.

sama kayak lu lu pada mungkin.

mulai dari yang paling realistis kayak, pingin dapet beasiswa ke luar ngeri.

biar keren. manenanya luar negri bos. gak level kuliah di Indonesia.

sampe yang gak realistis sekalipun kayak, pengen belajar nge dj, biar bisa jadi pacarnya dj joana.

ya, akhir akhir ini dj lagi laku banget, acara apapun pasti ada dj star nya.

atau pun cita cita yang paling mainsteream kayak, pengen punya iPhone 6, biar gaul.

ya, cita cita ini mainstream banget, alasanya juga sangat berkelas, biar gaul.

balik lagi.

semua itu cuma mimpi.

realita nya.

IP gua gak menyentuh angka 3 pun sampe semester ini.

bahkan semester kemarin IP gua menembus angka 4. serius gua 4 !! EMPAT !!

'404 not found'

nge dj ? fuck me. itu terlalu keren buat orang kaya gua.. dj is super cool hobbies. 

mainanya aja di club club elit yang semalem nya bisa ngabisin duit jutaan.

muskipun sekarang bisa lu jumpai di acara acara lari gak jelas.

belum lagi cewe nya yang kalo pake baju gak main main.

gak main main bos, pahanya itu loh ! belum dadanya *mimsian*

ah pokok nya menang banyak dah.

yang terakhir iPhone 6.

hmm..

oke harus gua akui hp ini keren.

harga nya juga mahal.

pokoknya hp ini bakal mendongkrak derajat lu deh suer.

muskipun banyak sekarang yang udah menang fitur dari iPhone.

tapi iPhone tetep aja iPhone, premium bos !

hp gua ?

hp gua nokia versi lupa yang cuma bisa buat sms an dan telponan.

serius.

gua aja buka line di laptop. 

ya lumayan miris lah.

mungkin dari semua anak muda yang gua kenal di bumi ini cuma gua temen mereka yang gak punya android.

ini semacam tuntutan komunikasi, bukan pergaulan.

huuufft..

ini lah realita.

menyebalkan.

sebagian orang menanyakan dari mana mereka semua bisa mendapatkan hal hal diatas.

gua juga menanykan hal yang sama.

dari mana ?

dari mana lu bisa kuliah di luar ngeri ?

dari mana lu bisa jadi dj ?

dari mana lu bisa beli iPhone 6 ?

orang tua ?

usaha sendiri ?

durian runtuh ?

duit memang bukan sumber kebahagiaan.

tapi duit membuat hidup lu lebih mudah.

jangan di sangkal.

itulah kenyataan.

anak bau kencur kaya lu dapet duit dari mana lagi kalo bukan orang tua lu ?

ha ?

bullshit.

temen gua banyak yang kuliah di luar negri.

dan gua iri.

iri banget malah.

sebagian dari mereka emang bener bener pinter.

sebagian lainya cuma modal otak seimprit, cuma duit nya gede.

duit lagi duit lagi.

sampe disini mungkin lu bakal menyimpulkan

kalo tulisan ini cuma curhatan mainstream.

tentang betapa malang nya nasip seorang rido fadill

dan begitu bahagianya mereka mereka yang punya orang tua tajir.

aah old time..

muskipun realita nya begitu

mengutuk nasib gak akan merubah apa apa

gua terlahir di dunia ini pun udah merupakan nasib

yang suka gak suka harus gua pertanggung jawab kan.

kalo kata Soo Hok Gie sih..

nasib tersial itu mati tua.

soalnya lu cuma bisa menelen pait nya kenyataan sebelum bisa lu rubah

nasib yang sedikit lebih baik.

mati muda.

karna lu bakal mati tanpa penyeselan, kalo pun ada cuma sedikit.

dan nasib terbaik adalah

gak pernah terlahirkan di dunia.

kenapa ? gua juga gak tau.

ngeliat temen temen di sekitar lu begitu cepet sukses memang terasa menyebalkan

menyakitkan dan lain lain.

apa lagi dengan mudah nya mereka mendapatkan ke suksesan itu

mendapatkan apapun yang dia mau.

sedangkan kesibukan kita sampe detik ini juga cuma

sccrolling timeline

bodoh.

siapa ?

gua.

lu.

dan lu yang masi menggantungkan hidup lu sama seorang yang bernama

orang tua.

ouch!

gua cuma ngasih tau.

karna  lebih cepet lu sadar.

that is much better

bahkan gua memilih pake hp nokia jadul, dibanding gua minta duit bonyok gua cuma buat beli hp.

HP !! padahal sekarang banyak hp murah.

tapi kecuali

kecuali kalo lu cewek

kenapa cewek ?

cewek selalu punya banyak alesan.

dan hidup bermotivasikan

cinta sejati

pangeran tampan

sakit hati

pacar baru

update photo terbaru

 halah..

banyak !

sampe bingung gua nulis nya

hehe..

semoga kalian (cewek) gak masuk dalam klasifikasi gua di atas

hidup ini singkat girls.

seru dan indah kalo kalian gak gitu gitu aja

iya, GITU GITU AJA.

so jangan cepet cepet berkembang biak ya (lah lah ??)

haha..

balik lagi ke atas.

soal mimpi.

kalo kata temen gua

gua juga gak tau dia dapet quote ini dari siapa, pokok nya bunyinya

"bermimpilah setinggi tinggi nya, agar seandainya kelak kamu jatuh.. kamu jatuh diantara bintang bintang"

dalem banget bos.

tapi jujur

quote ini adalah quote yang paling gak realistis yang pernah gua denger

tapi selalu gua tanem dalem dalem dalam benak gua.

mimpi adalah akar harapan.

sekaligus cermin realita.

mimpi harus tetep ada

kalau pun kita harus memerangi realita

aciee maksa banget

wkwk

ya gitu lah

namanya juga relita

menyebalkan

sungguh menyebalkan.

reality is sucks.

***

btw gua akir nya nulis lagi setelah hampir satu semester halaman blog ini gak gua buka. semua masi utuh.. gak ada debu.. gak ada sarang laba - laba.. semua nya tampak masi terawat. sampe gua teliti dan coba nengokin kotak masuk email gua, ternyata ada email yang nyangkut.. isi nya biasa aja si.. cuma ada agensi yang katanya nawarin blog ini iklan.. tentunya dengan beberapa kesepakatan dan sejumlah royalti yang bisa gua dapatkan. biasa aja kan email nya.. abis itu gua langsung nulis ini.

sebener nya gak ada kesepakatanya juga kalo gua harus nulis rangkuman cerita gak penting gua selama se tahun belakang, gua cuma mau nulis aja intinya.. mau nge blog lagi.. biar viewer banyak hehe.. enggak, gua nulis cuma biar blog ini hidup lagi.

jadi alesan utama blog ini kehilangan nyawa nya satu semester lebih adalah karena, sang penulis utama.. sang aktor kawakan.. sang sutradara kehidupan.. sang penakluk wanita.. dan sang the only one admin di sini.. Gue.. Rido Fadill. memiliki kesibukan macam sosialita di dunia maya.. iya gua sekarang adalah pemeran utama di serial drama turki yang akhir kahir ini lagi nge hits banget. hebat kan ?

engga.

gua cuma sibuk kuliah.

sama kerja.

ngerjain tugas kuliah.

udah.

iya jadi tahun kemarin gua resmi keterima jadi mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negri di Surabaya, gak perlu gua sebutin.. karna gua gak suka aja bawa bawa instansi ke ranah umum macam blog.. initnya gua keterima di universitas *tuuuuuuuuuut* airlangga.

karna ini rangkuman jadi gua bakal nulis inti inti nya aja.. pernah dia ajarin nge rangkum kan waktu sd ? sumpah poko nya pelajaran itu pelajaran ter penting se umur hidup lu gua berani jamin. dan di dunia kuliah ini nge rangkum adalah hal yang wajib lu kembang kan.. kaya gua.. rangkuman dari dosen yang uda di rangkum sama anak anak.. tetep gua rangkum lagi. 

layak nya hidup, kuliah juga ada manis ada pait nya.. pait nya adalah ketika gua, anak manusia dengan kehidupan sosial nya.. anak manusia dengan segudan tujuan dan mimpi nya.. malah ter hambat oleh faktor internal yaitu terjebak di rumah saudara yang super posesif. gua jadi punya jam malem kaya anak gadis.. segala aktifitas gua di batas.. mau ini gaenak.. mau itu gaenak.. poko nya ngapa ngapa in gaenak.

Mesikpun gitu, gua gak mau jadi anak yang kuliah pulang kuliah pulang kaya gak punya tujuan.. gua tetep bergaul.. semua kegiatan kegiatan di kampus gua ikutin.. biar ada alesan buat balik malem.. meskipun ujung ujung nya gua di marahin.. tapi gapapa.. dari pada nganggur.. nganggur malah bikin banyak dosa. dan itu juga lah yang bikin gua akir nya gak pernah buka blog.

semester satu lewat, lanjut semster dua.

semester dua gua bener bener mengalami puncak kejenuhan.. gua mulai jengah sama ini semua dan gua harus cepet cepet keluar dari rumah sodara gua ini. karna fokus gua di semester dua adalah untuk keluar dari rumah sodara gua ini, kegiatan di kampus pun sedikit gua kurangin. karna kegiatan di kampus yang kurangin.. gua jadi sering nganggur di rumah.. karna ke seringan nganggur di rumah, bukanya melakukan hal positiv kaya nge blog.. gara gara nganggur gua jadi sering galau.. nge galauin cewek gua yang di Bandung uhuk HAHAHA bukan si, bukan cewe gua hiks #jonesdetected

dengan penuh perjuangan dan izin tuhan.. akhir nya bulan mei tepat setelah ulan tahun gua, gua beranikan diri buat bilang ke om sama bude gua buat nge kos. mereka sedikit gak ikhlas gitu kaya nya waktu gua bilang pengen nge kos mereka pun nge iya in. karna di rumah situ juga mas gua yang sebelum nya nganggur waktu itu dapet kerjaan dan motor yang biasanya gua pake sekarang dia pake.. alesan gua si gitu.. dan yaa akhir nya gua bebas.. langsung deh 'langit amat indah' soundtrack dari perahu kertas langsung ter genjreng di telinga gua.. fiuuh~ lega banget men.. kaya nemu toilet abis nahan beol 2 bulan.

gua pun nge kos.. dan rasanyaa.. bebas banget men.. gila.. gua jadi sering maen.. kadang gua balik malem.. kadang gua balik subuh.. pokonya nge kos asik banget. iya, nge kos rasanya hebat dan asik banget saat lo punya banyak duit. gua pun sadar duit bulanan gua pas pasan.. belom buat bayar kosan.. di sinilah gua mulai menambahkan tujuan dalam diri gua, kalo gua harus kerja buat nyari duit.

initinya gua sadar.. terlalu bebas juga gak baik buat hidup..yang bakal ada di otak lu bakalan maeeeeeen mulu.. pokonya maen. sampe lupa kalo lu punya mimpi. itu wajar banget.. maen sama temen temen seru sih.. seru banget malah.. tapi entar ada waktu saat lu sendirian, di situ lu bakal kerasa kaya ada yang beda gitu. dan di sinilah nasip seorang manusia di tentukan.. langkah yang lu ambil saat lu lagi sendirian bakal menentukan masa depan lu.

kalo langkah yang lu ambil adalah, mengambil smarth phone lalu update status.. 'bete niich ! siapa aja main yuuuk !!' lu akan terjebak dalam situasi kaya gitu setiap lu sendiri dan gak ada yang ngajak lu maen. karna didalam otak lu uda tertanam kalo lu harus main.. karna main itu seru.. gitu aja terus~

sebalik nya, kalo lu sedikit memutar otak lu di tambah beribadah sama yang maha kuasa saat lu sendiri. di situ lu akan sadar ada banyak hal positive yang lebih berguna buat hidup lu.. kaya gua, karna gua sadar gua gak punya duit, waktu gua pulang ke Sukabumi gua kerja nyari duit.. bantu bantu segala macem. gua juga mulai bikin bikin lamaran buat kerja di Surabaya nanti.

gitu si cerita kuliah gua setaun kemarin.. gua juga uda nentuin tujuan dan target buat semster depan.. salah satu nya ya bikin postingan ini.. gua pingin nge blog lagi.. gua pengen ngebalikin energi nge blog gua kaya waktu jaman SMA dulu.. smoga aja akan ada tulisan lain setelah tulisan ini ke publish.

kaynya gaya tulisan gua juga agak berubah ya saking lamanya gak nulis wkwk

tengkyu udah baca !! minal aidzin btw ! mohon maaf lahir dan batin dari setancurug.


SETANCURUG IS BACK.

Suatu hati.. eh Suatu hari..

Hp nokia jadul yang biasanya selalu gelap dan baru gua angkat kalo ada telpon doang, kali ini nyala.. ada sms masuk. 'lu uda balik belom ? sini nying maen !!' tumben.. kata gua dalem hati, karna biasanya cuma 'Indosat' sama '808' yang mewarnai inbox gua setiap hari. Gua bales aja.. 'Ayoo ! kapan kosong ?' gak lama hp gua nyala lagi, dia bales 'senin ampe jum'at.. jangan sabtu minggu, gua mo blajar buat UTS' watdef !! gua tercengang baca sms itu.. 'wow !! lu gak kebanyakan nge lem kan ?' Tuuuuut.. dia bales lagi.. 'Mahasiswa kita sekarang men..' wakakak kali ini dia bener, gua jawab.. 'cakeeep ! lu bener bro..' Tuuuut.. dia bales lagi, cepet banget kaya lagi smsan sama gebetan.. 'Formalitas doang si, gua pingin main dota sebener nya HAHA !' pfffftt... 'FAAAK !! Kamis gua kerumah.. abis asar jemput di Manggarai..' dia bales 'Siippp..'.

Jekardah, 12 mei 1989.

Buset tua banget gua, salah salah..

Jakarta, Februari 2015.

gua turun dengan tampan dari commuter line.. melewati kerumunan orang yang lalu lalang di dalam stasiun. ada yang kecopetan.. ada yang ketinggalan kereta.. ada yang bayi nya nangis.. ada juga kakek2 yang shock, waktu gua lewat depan dia.. macem2.. ya ginilah ibu kota.


biasanya, waktu SMA dulu berapa bulan sekali gua main ke sini.. ke rumah  temen smp gua. kita udah gak ketemu selama satu semster. pfft baru satu sesmter si.. tapi rindu nya itu loh *howeeeks*. Gua kenal dia karna dia adalah temen sekamar gue waktu di pesantren dulu.. 3 taun kita nyantri bareng. lalu kita lulus dia yang emang orang Jakarta ngelanjutin di SMA deket ruma nya.. gua yang orang Sukabumi melanjutkan karir gua di dunia tarik suara (engga boong..) gua lanjut di STM.

Sampe sekarang akirnya gua kuliah di Surabaya.. dia kuliah di Depok.. (biar dikiranya lu kuliah di UI aja gitu bro!) kita tetep menjalin pertemanan dan sekarang akir nya kita bakal kongkow bareng lagi. setelah gua di jemput di manggarai seperti biasa gua di ajak ke tempat dugem.. oke gak mungkin. seperti biasa gua langsung ke rumah dia.

Di kamar gua di ajak main dota sambil cerita cerita ngalor ngidul. gak kerasa uda jam 10 malem. gua pun di ajak keluar buat nyari makan. tapi sebelum cari makan kita ke warnet dulu maen 4 jam.. yoop maen dota lagi. akir nya kita pun kelaperan.. kita muter muter cari makan enak dan ber ujung dengan beli pecel ayam pinggir jalan.. no problem sob ! selama lu yang bayar.. oh iya kita beli pecel ayam nya di bungkus dan kita makan di rumah loh, penting banget kan ? oke abis makan kita tidur.. karna dengerin curhatan dia dulu, akir nya jam 3 kita baru tidur.. trus kita bangun sekitar.. eeeem.. kita bangun jam 9 pagi. dia kaget.. dia langsung loncaat dari kasur, ambil wudu trus solat subuh. di situ gua sangat terharu.


waktu itu hari jum'at.. dia mengajukan beberapa opsi tempat solat jum'at dan gua memilih tempat yang dari dulu pengen gua kunjungin.. UI. yoi gua memilih buat kuliah di UI.. eh shit maksut nya solat jum'at di UI. kadang gua mikir apa kerenya si UI sama kampus gua. padahal sama2 Perguruan tinggi negri.. sama2 akreditasi A.. sama sama punya danau. yaa cuma satu si yang bedain tapi cukup untuk menjelaskanya, bedanya adalah.. kampus gua UNAIR dan itu UI.. sekali lagi.. gua di UNAIR dan itu UI. jelaskan hiks..

Kita solat bareng bareng anak UI.. di masjid UI.. dan imamin sama profesor UI. biasa aja si.. relatif gini gini aja.. gak ada perbuhan signifikan setelah gua solat jum'at di UI.. masa iya abis solat jum'at di UI tau tau gua brubah jadi Lionel Messi, kan engga !

abis solat gua di ajak muter2 UI.. gak lupa mengunjungi perpustakaan super keceh yang terkenal seantero Indonesia itu. di dalem perpustakaan gua cuma bisa mengutuk ngutuk diri gua sendiri 'bangsat keren banget ! anjir ni perpus ! sialaaaan !! kampret anjirr keceh abis !! busettt dah nyeett !!' hal yang juga gua sadari, mahasiswa mahasiswi di sana gak ada yang berwajah murung dan penuh penyesalan. bahkan kalo gua bisa robek mukanya trus gua translate di google mungkin kata yang akan keluar adalah 'Sorry, gua anak UI bos !' bangsiaaaaaaaaaat !


abis dari UI, gua mampir dulu ke kampus dia buat numpang pipis, abis itu lanjut ke margonda seperti anak gaul Depok pada umumnya. di margonda kita muter muter naik lantai 3 abis itu turun ke lantai 1, naik lagi.. turun lagi.. naik lagi.. turun lagi.. gitu terus sampe gua jadi personil one direction. oke karna capek dan kehausan kita pun mampir ke J.CO, ehem sengaja gua sebut biar gaul.

dia mesen latte coklat.. kata dia si enak, gua ikutan aja, biar keliatan beda gua pesen yang putih. Pesenan jadi.. mba mba dengan setelan cabe2 an versi gemes teriak teriakin nama gua 'ka Michael !! kaa Michaeell !!' gua berdiri. se isi J.CO hening.. semua nya ngeliat gua dengan tatapan yang bisa di artikan 'mahluk yang kaya coki coki ke injek ini bernama Michael ?? Kiamat !' temen gua cuma geleng geleng.. 2 latte gelas besar gua pegang.. gua taro di meja.. gua duduk.. kita seruput kopi sampe menuhin tenggorokan.. menelan nya perlahan.. dan 'aaaaaah...' istimewa.

'kayanya gini gini aja kita..'
'lu bener..'
'kmaren Gumay ke jerman.. Mufti juga.. Ijul uda duluan ke sono'
'dan gua cuma anak D3 unair..'
'gua juga.. 'Parkiran UI'
'Bwakakak.. kaya nya ada yang salah bro ama kita..'
'gua kasi tau aja doy.. duit juga berbicara'
'lu bener..'

kita diem lama..

'kok gua kesel yak..'
'kesel nape ?'
'mereka enak aja gitu.. tinggal pake duit bonyok'
'emang lu gak make ?'
'pakek sih.. tapi kan..'
'gua juga make broo.. itu semua tergantung kita'
'maksud...?'
'yaa sekarang mreka kek gitu juga hasil kerja keras orang tua nya waktu muda bener gak ?'
'brati secara gak langsung salah orang tua gua dong ?'

kita diem lagi..

'kadang gua mikir.. pasrah ama bersyukur bedanya apaan..'
'kok...?'
'pasrah kan kaya lu ngerasa lu gak akan bisa bergerak lagi dan nerima gitu aja keadaan lu sekarang'
'heemm...'
'bersyukur.. bersyukur juga nerima gitu aja keadaan yang lu punya sekarang, suka gak suka.. teirma aja bener kan ?'
'heeeemm..'
'terus kapan gua bisa berubah kalo gua cuma terus terusan nerima apa yang gua punya saat ini ?'
'Wew...'

cuma cairan latte kental yang menjadi jeda saat itu... 'sluuuuurrrpph~'

'Lu harus punya tujuan doy..'
'semua motivator bilang gitu bro..'
'kalo tujuan lu jadi orang kaya dan punya uang banyak.. ya kalo gak kerja, bisnis..'
'emang itu tujuan gua..'
'berarti sebenernya lu belum punya tujuan apa apa bro.. percaya.'
'gak ngerti..'
'entar lu bakal ngerti..'

lagi lagi kita diem..

'emang tujuan lu apaan ?'
'gua mau ikutan sbmptn taun ini.. trus daftar UI.. bukan cuma daftar tapi harus masuk'
'brati taun depan ajak gua ke UI lagi oke.. tapi pake almamater kuning lu wkwk'
'pastiii wkwk..'
'broo.. gua masi belom ngerti sama yang lu omongin tadi..'
'yang mana ?'
'yang tujuan tujuan kampret itu..'
'gini doy.. kalo lu kerja buat nyari duit, ya lu bakal dapet duit.. kalo lu jualan sesuatu, ya lu juga bakal dapet duit.. kalo lu naik pangkat, ya entar gaji lu juga naik.. kalo bisnis lu uda gede.. omset lu juga entar bakal melimpah.. intinya semua itu bukan tujuan yang sebenernya lu kejer.. itu semua cuma sebatas contoh hukum 'timbal - balik' atau hukum 'aksi reaksi' dalam kehidupan nyata.'
'waw...'
'intinya jangan terlalu 'idealis'.. tapi juga harus 'realistis'.
'mantap..'
'nyari duit ma.. bencong juga bisa doy.. tapi kita mahasiswa.. kudu cerdas'
'cakep..'
'muskipun sekarang semua butuh duit.. tapi duit bukan segalanya men, harus di tanem tuh dalem2'
'super..'

2 Latte gelas besar hanya menyisahkan es batu.. kita bayar lalu kita balik, kita beli tiket commuter.. gua ke arah Bogor.. dia ke arah Jakarta kota. kita berdiri di jalur yang berbeda dan di pisahkan 2 jalur kereta api. kita berdiri berhadapan tapi tidak saling berbicara.. jarak dan ke ramaian stasiun saat itu gak memungkin kan kita untuk saling bertukar obrolan,  kita hanya menunggu.. menunggu kereta datang membawa kita menuju tujuan kita masing masing.

Thank's kopi nya bro !! buat calon anak UI !!
Previous PostOlder Posts Home